Minggu, 06 Januari 2013

(R) 127 Hours



Identitas Film:
Sutradara: Danny Boyle
Produser: Christian Colson, John Smithson dan Danny Boyle
Musik:  A. R. Rahman
Sinematografi: Anthony Dod Mantle dan Enrique Chediak
Penyunting: Jon Harris
Studio: Film4 Productions, HandMade Films dan Warner Bros. Pictures
Distributor: Fox Searchlight Pictures (AS) dan Pathé (Inggris)
Durasi: 94 minutes
Bahasa: English
Anggaran: $18 million

Pemain:
James Franco sebagai Aron Ralston
Kate Mara sebagai Kristi Moore
Amber Tamblyn sebagai Megan McBride
Clemence Posey sebagai Rana
Lizzy Caplan sebagai Sonja Ralston
Kate Burton sebagai Donna Ralston
Treat Williams sebagai Larry Ralston

Sinopsis:
Berawal dari kisah nyata, seseorang yang bernama Aron Ralston (James Franco) adalah pendaki sejati. Disuatu saat Aron melakukan perjalanan menuju ke sebuah ngarai yang berada di Utah. Setelah melakukan persiapan, dia pun memulai perjalanannya menggunakan mobil. Dilanjutkan dengan menggunakan sebuah sepeda, Blue John Canyon terletak 4,1 mil dari tempat dia memulai bersepada. Tidak lupa ia membawa Handycam untuk mendokumentasikan perjalanannya. Tanpa disangka dia bertemu dengan dua orang perempuan yang tersesat di ngarai itu. Mereka bernama Megan (Kate Mara) dan Kristi (Amber Tamblyn). Mereka ingin menuju kesebuah kawah yang berisi sumber air. John yang sudah menenali ngarai itu, memberi tahu jalannya sekaligus sebagai Tour Guide. Mereka pun sempat akrab dengan bermain di kawah itu.
Aron melanjutkan perjalanannya mengelilingi ngarai, melewati bebatuan, menuruni tebing. Hingga nasibnya kurang beruntung dengan jatuhnya batu yang dia pegang ketika ingin turun. Tapi tangannya tersangkut dibatu itu. Ia tidak bisa berkutik sama sekali, tangan kanannya benar-benar tersangkut. Hari demi-hari dia terjebak didalam ngarai itu, beberapa cara sudah dilakukan untuk membebaskan tangannya. Di iringi dengan menipisnya bahan makanan yang dipunya, ia menyesali kelakuan selama hidupnya-dengan orang tua, pacarnya, adiknya dan beberpa temannya. Tidak lupa ia merekam seluruh apa yang dia rasakan di Handycamnya untuk akhir hayatnya.
Hingga akhirnya setelah lima hari di bawah ngarai sendiri, dia pun memotong tangan kanannya yang terjepit itu dan menemukan beberapa pendaki untuk diminta pertolongan. Setelah mendapat pertolongan ia pun selamat dengan tangan kanannya yang sudah tidak utuh lagi. Aron pun tetap melanjutkan pendakiannya ke berbagai tempat walaupun kehilangan satu tangannya.

Kelebihan:
Film yang diangkat dari sebuah biografi Ralston sangat menarik untuk ditonton. Alur ceritanya sangat menyentuh para penonton dan juga beberapa scene yang perlu di tiru oleh kita semua. Dilihat dari proses pembuatannya film ini sepertinya tidakmemilki kesalahn sedikit pun. Peran dari James Franco juga sangat menguasai di film ini.


Kekurangan:
Alur cerita yang mudah ketebak tidaklah bagus untuk fim ini. Selain itu film ini juga membuat penonton agak Boring dengan latar tempat yang sama.

Amanat:
Seseorang pastilah membutuhkan orang lain dalam hidup, kita tidak bisa hidup sendiri. Disamping itu disaat janganlah menyesal apa kita perbuat saat kita sudah mendekati ajal, itu tidak berguna jadiberbaiklah sama orang ketika kita masih diberi hidup dan terakhir jadi orang itu jangan cepat menyrah, karena setiap kesulitan pasti ada jalan walaupun pasti mengandung resiko.

Diperuntukan:
Semua Umur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar