Minggu, 06 Januari 2013

(R) Cowboys and Aliens



Identitas Film:
Director: Jon Favreau
Produser: Brian Grazer, Ron Howard, Alex Kurtzman, Damon Lindelof
Screenplay: Alex Kurtzman, Roberto Orci, Damon Lindelof
Story: Mark Fergus, Hawk Ostby, Steve Oedekerk
Music: Harry Gregson-Williams
Cinematography: Matthew Libatique
Editing: Dan Lebental, Jim May
Studio: Fairview Entertainment, K/O Paper Products, Platinum Studios, Imagine Entertainment
Distribusi: Universal Pictures(United States), DreamWorks Pictures (International)
Release date: July, 2011
Durasi: 118 minutes
Bahasa: English
Budget: 163 juta dollar

Pemeran:
Daniel Craig sebagai Jake Lonergan
Harrison Ford sebagai Colonel Woodrow Dolarhyde
Olivia Wilde sebagai Ella Swenson
Sam Rockwell sebagai Doc
Paul Dano sebagai Percy Dolarhyde
Clancy Brown sebagai Meacham
Keith Carradine sebagai Sheriff John Taggart
Noah Ringer sebagai Emmett Taggart
Adam Beach sebagai Nat Colorado
Abigail Spencer sebagai Alice
Ana de la Reguera sebagai María
Walton Goggins sebagai Hunt
Julio César Cedillo sebagai Bronc
David O'Hara sebagai Pat Dolan

Sinopsis:
                Seseorang terbangun dari tidurnya di sebuah padang pasir yang luas. Dia memakai gelang aneh yang sangat besar di tangan kirinya. Sialnya tiga koboi jahat berkuda menghampiri dan ingin membunuhnya, tetapi mereka gagal dan mati. Dia pun melanjutkan perjalanan ke suatu kota dan masuk kerumah orang untuk menyembuhkan luka tembak diperutnya. Untungnya pemilik rumah tersebut mempercayai bahwa dirinya amnesia. Pemilik rumah tersebut membantu menyembuhkan lukanya.
                Diluar terjadi keributan oleh Percy (Paul Dano), anak dari Colonel Dolarhyde (Harrison Ford). Dia anak yang nakal, sering mengambil pajak liar untuk kepentingannya sendiri. Namun saat hendak berantem dengan si amnesia, dia tidak sengaja menembak seorang deputi. Sheriff John Taggart (Keith Carradine) pun tidak tinggal diam dan memenjarakannya. Si Amnesia ini juga demikian karena di tuduh sebagai burunan Ia dipenjarakan di sebelah Percy. Si amnesia akhirnya mengetahui dirinya yang bernama Jake Lonergan (Daniel Craig), seorang perampok emas dan membunuh istrinya (Abigail Spencer) sendiri setelah Taggart menceritakan semua.
Disaat yang sama Colonel D sedang mengurus kejadian aneh yang memusnahkan seluruh sapi-sapinya dan kebakaran hutan. Berita Lonergan tertangkap membuat Colonel D ingin membunuhnya di kota. Taggart pun menghalanginya agar pengadilan tinggilah yang akan mengadilinya. Saat cekcok memanas tiga buah piring terbang menyerang kota. Banyak orang–orang yang ditangkap oleh piring tersebut termasuk percy dan Taggart. Lonergan pun memcoba untuk memanfatkan gelang tersebut. Hasilnya sebuah piring terbang jatuh dan hancur oleh tembakan yang dikeluarkan.
Sehabis penyerangan, mereka menemukan jejak kaki alien itu. Colonel D pun memimpin perjalanan. Lonergan menolak untuk ikut dengan rombongan. Dia menuju tempat rumah dia dulu dimana istrinya di ambil oleh alien. Rombongan Colonel sampai di sebuah kapal bekas yang sangat besar, mereka pun bermalam disana. Doc (Sam Rockwell) yang tidak pernah ikut dalam peperangan berlatih menembak disitu, begitu juga Emmet (Noah Ringer) anak dari Taggart.
Dimalam hari Emmet di serang oleh alien, untungnya Lonergan dan Ella (Olivia Wilde) menyelamatkannya. Lonergan dan Ella bergabung dengan rombongan Colonel D . Di tengah perjalanan mereka bertemu dengan gerombolan perampok yang dulunya teman dari Lonergan. Mereka pun berhasil lolos dari perampok tersebut. Saat kejar-kejaran berlangsung si alien datang. Lonergan dan Ella tercebur kedalam sungai dan seekor alien melukai Ella. Ella akhirnya tak terselamatkan. Mereka belum sepenuhnya selamat dari masalah, tak lama kemudian Suku Indian datang dan menangkap seluruh rombongan Colonel.
Diluar dugaan Ella yang dilempar dalam api hidup kembali, Ella pun akhirnya mengakui kalau dirinya seorang alien juga. Dia juga musuh dari alien jahat yang mengambil banyak emas itu. Akhirnya Colonel D dan suku Indian bekerja sama menghancurkan markas alien itu. Para perampok yang mengejar mereka juga ikut berpartisipasi. Dengan dibantu oleh ingatan Lonergan yang kembali pulih mereka menuju ke markas itu. Serangan demi serangan di lancarkan tapi alien sangat kuat. Di akhir cerita Ella dan Lonergan yang masuk ke dalam markas secara diam-diam berhasil membunuh bos dari alien sekaligus markasnya. Orang-orang yang di tangkap alien itupun berhasil di selamatkan.  

Kelebihan:
Film buatan Brian Grazer ini sangat menarik untuk ditonton, mengambil kisah zaman dulu di Mexico membuat film ini beda dari yang lainnya. Disamping itu aksi-aksi dari Daniel Craig dan Olivia Wilde sangat memanjakan mata dan keseruan film itu. Alien-alien yang dimunculkan dengan grafis yang luar biasa seakan memiliki bentuk nyata. Film yang dirilis dengan format 3D ini wajib ditonton saat waktu senggang.

Kekurangan:
                Mudah. Itulah kekurangan dalam film ini. Mudah menebak alur cerita dalam film ini. Maksudnya adalah pokok permasalahannya terlalu simple, penonton dengan mudah menebak akhir ceritanya. Tapi secara keseluruhan film ini sudah bagus untuk ditonton.

Diperuntukan:
Remaja/Dewasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar