Sabtu, 12 Januari 2013

(R) Captain America


Identitas Film:
Direktor: Joe Johnston
Produser:  Kevin Feige
Screenplay: Christopher Markus, Stephen McFeely
Music: Alan Silvestri
Cinematografi:  Shelly Johnson
Editing: Robert Dalva, Jeffrey Ford
Studio: Marvel Studios
Distribusi: Paramount Pictures
Durasi: 124 menit
Bahasa: English
Budget: 140 juta dolar

Pemeran:
Chris Evans sebagai Steve Rogers / Captain America:
Hayley Atwell sebagai Peggy Carter
Hugo Weaving sebagai Johann Schmidt
Sebastian Stan sebagai Sgt. James "Bucky" Barnes
Tommy Lee Jones sebagai Col. Chester Phillips
Dominic Cooper sebagai Howard Stark
Neal McDonough sebagai Timothy "Dum Dum" Dugan
Derek Luke sebagai Gabe Jones
Stanley Tucci sebagai Dr. Abraham Erskine
Kenneth Choi  sebagai Jim Morita
Bruno Ricci sebagai Jacques Dernier
J. J. Feild sebagai James Montgomery Falsworth

Sinopsis:
             Tahun 1943, saat perang dunia ke-2 berlangsung, terdapat seorang laki-laki yang berkebangsaan Amerika tinggal di New York. Laki-laki itu bernama Steve (Chris Evans). Kesendiriannya dalam hidup membuat Ia ingin terjun dalam pertempran melawan Nazi. Namun karena badannya yang kecil, Steve selalu ditolak dalam saat penyisihan tentara. Hal ini membuat Ia frustasi. Disuatu saat temannya Barners (Sebastian Stan ) mengajaknya datang keacara pameran Howard Stark (Dominic Cooper). Baners merupakan tentara  dari sebuah peleton tentara Amerika yang melarang Steve untuk terjun ke medan pertempuran.
             Berdebatan pun berlangsung saat Stark sedang meluncurkan ekspo barunya, tidak sengaja salah seorang pengunjung mendengar percakapan mereka. Pengunjung itu pun bertemu dengan Steve saat Ia mencoba mendaftar ulang ke suatu Infantri. Namanya Dr. Erskine (Stanley Tucci), karena ketulusan Steve untuk begabung, Dr. Erskine meluluskannya. Dalam proses latihan Steve menjadi terbelakang dari semuanya, Ia selalu dicacimaki dengan teman satu timnya. Kol. Philips (Tommy Lee Jones) yang menjadi pimpinan divisi itu sangat sedih mendengarnya.
             Namun Setve selalu menunjukan kepintaran dan ketulusannya untuk negara, sehingga Ia dipilih sebagai bahan uji coba Dr.Erskine. Sebelumnya Dr. Erskine pernah bercerita seorang Nazi yang sangat menginginkan sebuah serumnya yang dapat menambah kekuatan, namun gagal. Akhirnya Ia pun keluar dan berpihak pada sekutu. Uji coba pun dilakukan dengan melibatkan Stark dan teknologinya, Senator Inggris dan Agen dari divisi Kol. Philips, Agen Carter (Hayley Atwell).
             Percobaan pun berhasil dilakukan, namun tidak disangka seorang penyusup berada diantara mereka dan mencuri sebuah serum. Dr. Erskine terbunuh saat itu. Steve yang sudah berubah 180 derajat dengan tinggi melebihi rata-rata dan otot yang kuat mengejar penyusup itu. Aksi kejar-kejaran tak terhindarkan, namun Steve berhasil menangkapnya. Penyusup itu berasal dari sebuah komplotan bernama Hydra, bawahan Hitler.
             Dilain tempat di markas Hydra, pemimpin mereka Schmidt (Hugo Weaving )memutuskan untuk keluar dari Nazi setelah menemukan Spark dari zaman dahulu yang dapat dijadikan senjata pemusnahkan manusia, dengan di bantu Dr. Zelo. Mereka berniat untuk menghancurkan seluruh dunia dengan senjata itu . Balik ke cerita Steve, dengan badannya yang sudah berubah, Ia tidak dijadikan lagi sebagai tentara, namun menjadi sebuah Icon iklan bernama Captain America dengan costum berwarna biru bertopeng dan sebuah perisai. Karena tidak diterima dengan keputusan Kol. Philips dan masih menggunakan kostum iklan, Ia pun melanggar sebuah peraturan dengan menyelamatkan 200 tawanan yang disandra oleh pasukan Hydra.
             Agen Carter dan Stark pun membantu dalam misi itu. Steve sempat bertatap muka dengan Schmidt dan berhasil melihat sebuah peta yang berisi semua markas dari Hydra. Karena keberaniannya, Steve diangkat sebagai Captain America sungguhan. Stark yang bergabung dalam misi menghancurkan Hydra ini membuatkan costum yang keren dan tameng kuat tapi ringan untuk keperluan Steve.
             Markas demi markas Hydra di hancurkan, Dr. Zelo juga tertangkap olehnya. Namun saat penangkapan Dr.  Zelo Barners mati jatuh ke jurang.  Karena muak dengan semua ini Schmidt memutuskan untuk menyerang seluruh kota penting didunia dengan pesawat besarnya. Sekutu pun tidak tinggal diam, dengan cepat mereka menyerang markas terakhir Schmidt di sebuah pegunungan. Sialnya, Schmidt berhasil kabur, Steve pun mengejarnya hingga masuk kedalam pesawat besar itu.
             Pertarungan antara Steve dan Schmidt di atas kapal tak terhindarkan, Steve berhasil membunuh Schmidt. Tapi, pesawat besar itu tidak dapat dihentikan. Dengan kepasrahannya dan untuk keselamatan seluruh umat manusia,  Steve bunuh diri dengan menenggelamkan pesawat itu ke laut. Sekutu akhirnya memenangkan perang dunia ke-2

Kelebihan:
Sepertinya Kevin Feigh mempunyai kreativitas baru dalam membuat film. Dengan perpaduan antara cerita sekarang dan dulu, film ini menjadikan sebuah ending yang tidak terduga. Ditambah akting dari Kris Evants yang tidak lagi di ragukan di dunia layar lebar. Film yang diangkat dari serial komik The Avanger ini sangat memukau penonton dan siap ditonton diakhir pekan bersama keluarga.

Kekurangan:
Kevin Feigh memang pandai dalam mengeluarkan sebuah ide-ide yang terlihat baru. Namun sepertinya Ia kurang memerhartikan dari sisi animasinya. Animasi dalam film yang berdurasi 2 jam ini sungguh mengecewakan, seperti animasi yang di pakai di film tahun 90an. Selain itu cerita yang disajikan seakan mengikuti film Iron Man yang di kuatkan dengan kemunculan Howard Stark sebagai ayah dari Tony Stark dalam Iron Man.

Diperuntukan:
Remaja/Dewasa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar