Senin, 05 November 2012

(R) Lockout




Identitas Film:
Director: James Mather, Stephen St. Leger
Producer: Marc Libert, Leila Smith
Written: Luc Besson, Stephen St. Leger, James Mather
Music by: Alexandre Azaria
Cinematography: James Mather
Editing: Camille Delamarre, Eamonn Power
Studio: EuropaCorp
Distribusi: Open Road Films, FilmDistrict
Release date: April, 2012
Durasi: 95 minutes
Bahasa: English
Budget: 20 Juta Dollar

Pemeran:
Guy Pearce sebagai Snow
Maggie Grace sebagai Emilie Warnock
Peter Stormare sebagai Scott Langral
Lennie James sebagai Harry Shaw
Vincent Regan sebagai Alex
Joseph Gilgun sebagai Hydell
Tim Plester sebagai Mace

Sinopsis:
                Di tahun 2079 seorang agen bernama Snow (Guy Pearce) ditangkap oleh kepolisian karena membunuh agen Frank saat sedang melakukan misi. Scott (Peter Stormare) yang merupakan agen kepolisian juga menawarkan bantuan padanya. Snow meminta Scott untuk menemukan Mace (Tim Plester) yang memiliki barang bukti bahwa Ia tidak bersalah. Sedangkan Mace sudah dikirimkan ke penjara angkasa bernama Ms One karena telah membunuh orang. Ms One adalah penjara yang berada diluar angkasa dengan mematikan syaraf otak selama puluhan tahun.
                Disaat yang sama, anak presiden Amerika bernama Emily (Maggie Grace) berkunjung ke Ms One untuk meneliti penjara disana. Namun, ketika sedang mewawancarai tahanan bernama Hydell (Joseph Gilgun), Hydell merusak segalanya dan membebaskan semua tahanan yang sedang di matikan syarafnya. Emily dan beberapa orang dipenjara itu menjadi tawanan. Alex (Vincent Regan) yang merupakan kakak dari Hydell memimpin pasukan tahanan yang berjumlah ratusan orang itu.
Harry pemimpin dari kepolisian Amerika menyuruh Snow untuk menyelamatkan Emily itu, Jika tidak Ia akan di penjara. Snow pun menolak, Namun pada saat Scott memberi tahunya bila Mace sedang berada Ms One juga, Ia pun menyetujuinnya. Scott, Harry, Snow dan beberpa orang lainnya menuju ke sebuah pakalan milliter luar angkasa yang berada didekat Ms One. Sebuah negoisasi dilakukan oleh seorang kepolisian di Ms One untuk mendapatkan Emily. Namun, misi itu gagal. Snow pun terpaksa masuk ke dalam Ms One.
                Disaat yang sama Emily dan pengawalnya berhasil meloloskan diri. Mereka pun terkurung dalam ruangan dengan oksigen yang semakin lama semakin tipis. Harry menyuruh Snow untuk mempercepat gerakkannya. Snow pun berhasil menyelamatkan Emily. Alex yang baru menyadari bahwa Emily adalah anak presiden, memutus sambungan antara Snow dan Harry. Snow pun membawa Emily mengikutinya untuk membebaskan Mace. Rambut Emily dipotong pendek dan diwarnai coklat untuk menyamar melewati banyak tahanan.
                Tapi, sialnya mereka ketahuan, dan pada saat mereka lari mereka mertemu dengan Mace. Ia mengalami kerusakan otak sehingga seperti orang gila. Sayangnya, Mace meninggal saat kejar-kejaran berlangsung. Snow semakin frustasi. Ia mengantar Emily menuju ke tempat pelemparan darurat yang mengarah ke bumi dan Snow terjebak di MS One selamanya. Emily pun tidak inging itu terjadi, Ia keluar melalui pintu darurat. Kemudian bergabung kembali dengan Snow.
                Hydell yang sudah tidak sabar dengan pencarian kakaknya, menjebak Snow dan Emily dengan membunuh semua tawanan lainnya. Snow dan Emily pun tertangkap. Disaat yang sama Harry telah menyusun sebuah serangan ke Ms One. Alex menyuruh Emily menggagalkan serangan itu, tapi Emily berkata sebaliknya. Serangan pun di lancarkan. Di Ms One sendiri Emily dan Snow berhasil memloloskan diri dari sergapan Alex, mereka menuju ke sebuah ruangan dimana terdapat baju astronot. Saat ledakan terjadi mereka berhasil keluar dan selamat sampai dibumi. Ms One pun hancur.
                Ketika sampai di bumi Snow ditangkap kembali menjadi tahanan. Emily pun membantu membebaskan Snow dengan mencari koper yang dimaksud Mace dan menyelidiki TKP pembunuhan Frank. Saat diintrogasi oleh Scott, Snow memberi koper dari Mace itu. Diluar dugaan Scott dapat membuka koper itu, dia tahu passwordnya. Disinilah Scott menjadi tersangka pembunuhan Frank. Snow pun bebas dari status tersangka.

Kelebihan:
Film buatan Marc Libert kali ini sangat memukau para penonton. Walaupun film yang bertemakan masa depan cukup banyak, film Lockout ini mengandung unsur detektif juga. Jadi di akhir cerita kita diharuskan berfikir untuk mengetahui apa cerita yang sebenarnya terjadi. Selain itu pemeranan dari Guy Pearce dan si cantik Maggie Grace menambah keseruan film di tahun 2012 itu.

Kekurangan:
Kekurangan dari film ini terdapat di 30 menit pertama kita menonton. Disini film akan terasa membosankan dan pasaran. Di tambah dengan bertemakan masa depan yang sudah dipastikan khayalan. Tapi, setelah kita menonton keseluruhan filmnya, Anda tidak akan menyesal menonton film buatan Marc Libert ini.

Diperuntukan:
Dewasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar